Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan

Mewujudkan Warga Sekolah yang Disiplin dalam Bersikap,Luhur dalam Berperilaku,Unggul dalam Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan

Minggu, 01 November 2020

GELISTA ESPENSA SONGSONG ADIWIYATA MANDIRI

Bersama Ibu DR.Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri

pada waktu Launching Majalah MARKIESA

GELISTA adalah akronim dari gerakan literasi ESPENSA yang menjadi program SMPN 1 Ngadirojo untuk mendukung gerakan literasi sekolah (GLS). Literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan  individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini bertujuan  untuk  menumbuhkan minat  baca  peserta  didik serta meningkatkan keterampilan  membaca agar pengetahuan dapat  dikuasai secara  lebih baik. Materi baca  berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa  kearifan lokal, nasional, dan  global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. gerakan literasi sekolah dicanangkan berdasarkan Peraturan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 secara tersurat yang mengatur tentang GLS.

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata  merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup dan diharapkan mampu menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan. Setiap warga sekolah diharapkan ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Program adiwiyata bukan sebatas nama program untuk tujuan lomba saja, tetapi bisa dilaksanakan oleh semua pihak yang peduli lingkungan hidup. Karena program ini terbukti mampu membangun karakter generasi bangsa.

Pada tanggal 27 September 2019 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mengeluarkan peraturan nomor P52/menlhk/setjen/kum.1/9/2019 mengenai gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah dan nomor P53/menlhk/setjen/kum.1/9/2019  penghargaan adiwiyata. Peraturan tersebut mengganti Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 05 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan program adiwiyata. Dalam peraturan dijelaskan tentang gerakan PBLHS yaitu gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah yang merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Dalam peraturan tersebut juga dijelaskan tentang penerapan perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH) yang merupakan sikap dan tindakan warga sekolah dalam menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup.

Program Unggulan Adiwiyata Jahe Jargo dan Akuaponik

Sehingga disimpulkan bahwa GELISTA ESPENSA merupakan kemaampuan literasi  adiwiyata  warga SMPN 1 Ngadirojo yang merupakan sekolah adiwiyata nasional yang akan menuju sekolah adiwiyata mandiri. Gerakan ini dilakukann seluruh warga sekolah dengan mengelola program SEKAM (sampah, energi, keanekaragaman hayati, air dan makanan). Contohnya peserta didik melakukan kemampuan menulis puisi, cerpen yang dimuat di dalam majalah MARKIESA. Majalah ini merupakan majalah SMP Negeri 1 Ngadiorjo yang berisikan karya peserta didik dan guru mayoritas bertema diwiyata yang pada bulan okober 2019 Ibu DR.Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri berkenan meresmikan majalah tersebut di SMPN 1 Ngadirojo, yang pada waktu itu mengusung tema “Gerakan Literasi Tingkatkan Prestasi dan Wujudkan Adiwiyata Mandiri”. Beliau menyampikan capain-capain yang telah diraih SMP Negeri 1 Ngadirojo menunjukkan seluruh warga sekolah memiliki kartakter positif baik dalam bidang akademik maupun lingkungan, SMPN 1 Ngadirojo bisa menjadi model atau contoh bagi sekolah lain agar setidaknya bisa meraih capaian yang sama atau bahkan lebih baik dan beliau mendukung penuh SMPN 1 Ngadirojo sebagai perwakilan wonogiri yang berusaha mewujudkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri (Solopos, 23 okober 2019)

Tidak hanya peserta didik saja tapi guru dan kepala sekolah juga melakukan gerakan literasi adiwiyata ini dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yaitu publikasi ilmiah dan karya inovatif seperti membuat artikel populer ilmiah, penelitian tidakan kelas, best practice, jurnal, teknologi tepat guna dengan tema Adiwiyata. Ada yang membuat buku yang ber-ISBN antara lain berjudul: Adiwiyata Pasti Bisa, Adiwiyata Menggapai Cita, Adiwiyata dari Hati dan Adiwiyata Mengukir Prestasi. Tulisan tentang adiwiyata juga dimuat pada bulan juni tahun 2020 ini di Jurnal INISIASI BAPPEDA yang ber-ISSN yang berjudul Inovasi Jargo Wujudkan Adiwiyata Mandiri di SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri dan Inovasi Masa Depan Dengan Akuaponik Wujudkan Adiwiyata Mandiri SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri.

Banyak juga para pendidik di SMPN 1 Ngadirojo juga membuat tulisan artikel ilmiah dan best practice dengan tema adiwiyata yang diterbitkan di media masa serta diikutkan lomba antara lain: Gerakan Semut Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Mandiri di SMPN 1 Ngadirojo Kabupaten Wonogiri (Hartanto, S.Pd.,M.Pd), Tingkatkan Kesadaran Norma Melalui PLH Pada Pembelajaran PPKn ( Dra. Siti Rohayati), PBL Berbasis Lingkungan Sekolah Tingkatkan Pembelajaran Matematika (Lusita Indiaswati, S.Pd), BARKAS dalam Pembelajaran Seni Budaya (Retno Prawati, S.Pd), Recycle Dalam Pembalajaran Bahasa Inggris Tentang Teks Prosedur (Sri Lestariningsih, S.Pd), BLOKAR Tingkatkan Pembelajaran Matematika (Ronas Anjarwati, S.Pd), Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Hutan Sekolah (Sutarjo, S.Pd, M.Pd), Teks Eksposisi Melalui  3R Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Ida Gunarti, S.Pd), Pemanfaatan Sampah Tingkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS (Sri Haryani, S.Sos), Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dengan PLH (Sri Martuti, S.Pd), VoCard dari Kardus Bekas Tingkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris (Sri Tursilo Hadiningsih, S.Pd), Pendekatan PjBL Membuat JARGO Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Sri Rahayu,S.Pd), Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran PAI (Apri Indriyati, S.Pdi ), Tingkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Puzle dalam Pembelajaran TIK (Sulisniyati, S.Kom), Pendekatan Konseling Realita Berbasis Adiwiyata Tingkatkan Kedisiplinan Siswa (Herma Rusdianawati, S.Psi), Pendidikan Karakter Adiwiyata Terintegrasi Pada Pembelajaran IPA (Pudi Srimaryatmo, S.Pd ), Adiwiyata dari Hati ( Maryati, S.Pd, Septi Puwaningtyas, S.Pd, Agustina Pujiastuti, S.I.Pust).

Semoga dengan adanya GELISTA ESPENSA ini mewujudan visi, misi sekolah, mendukung program adipura kabupaten wonogiri dan bisa mensukseskan Adiwiyata yang di programkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga SMPN 1 Ngadirojo akan menjadi Sekolah adiwiyata mandiri di kabupaten wonogiri.

Majalah Markiesa dan Atikel Adiwiyata masuk Jurnal INISIASI BAPPEDA

“ LITERASI BISA, ADIWIYATA PASTI BISA, ESPENSA JAYA “






Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes